Order Via Web Bisa 24 Jam, Minggu & Hari Besar Tutup
Selamat Datang Di Greenwordbismillah.com Pusat Herbal berkualiatas dan Bermanfaat untuk Kesehatan Keluarga. Produk Berstandart Internasional, Lengkap Banyak Pilihan, Aman & Halal Dikonsumsi.
Beranda » Artikel Terbaru » Apa Penyebab dan Gejala Jantung Koroner

Apa Penyebab dan Gejala Jantung Koroner

Diposting pada 14 June 2021 oleh admin | Dilihat: 44 kali

Sering dengar sakit jantung koroner, kira-kira apa sih itu jantung koroner dan apa penyebabnya dan gejalanya? untuk itu, kali ini kita akan membahasnya di artikel ini ya. yuk cek artikelnya!

Beberapa penyebab jantung koroner

Salah satu penyakit yang mematikan dan paling banyak terjadi yaitu jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang diakibatkan karena ada kerusakan pada pembuluh darah jantung yang terjadi karena adanya penumpukan ateroma yang menyebabkan dinding arteri menebal hingga menyempit. Akibatnya, jantung tidak mendapat cukup asupan darah dan oksigen. Saat aliran darah terhambat, penderita bisa merasakan gejala penyakit jantung. Sedangkan penyumbatan total menyebabkan serangan jantung. Penyumbatan ini terjadi karena adanya endapan kolesterol atau plak yang menumpuk.

Untuk itu, kamu yang belum pernah mengalami sakit jantung, baiknya kamu harus mengetahui apa saja penyebab dan gejala dari sakit jantung koroner ini. Karena jika kamu mengetahui lebih awal, kamu bisa mencegahnya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Mau tau apa saja penyebab dan gejala dari jantung koroner? simak pembahasan berikut ini!

Penyebab Jantung Koroner

Banyak hal yang bisa menyebabkan kamu memiliki penyakit jantung koroner, diantaranya:

1. Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes

Penyebab jantung korener bisa di karenakan tekanan darah kamu tinggi. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol membuat pembuluh darah arteri mengeras dan menebal. Hal itu bisa mempersempit dan menghalangi aliran pembuluh darah di jantung. Selain itu, seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi juga bisa memicu terjadinya jantung koroner. Untuk itu, sangat penting sekali orang yang memiliki penyakit diabetes untuk melakukan diet gula ya.

2. Kebiasaan Merokok

Penyakit yang di sebabkan oleh kebiasaan merokok bukan hanya satu atau dua, kebiasaan yang satu ini ternyata bisa memicu terjadinya jantung koroner. Hal ini disebabkan karena karena paparan nikotin dan karbon monoksida rokok membuat jantung bekerja lebih cepat, dan karena adanya  bahan kimia dalam asap rokok dapat merusak lapisan arteri koroner.Untuk itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung kamu yaitu mengurangi bahkan berhenti dari kebiasaan merokok.
3. Kolesterol Tinggi

Hal yang bisa menyebabkan jantung koroner selanjutnya yaitu apabila kadar kolesterol kamu tinggi. Hal ini terjadi karena, tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah kecil agar kinerjanya tetap optimal. Namun, kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah dapat menumpuk dan membentuk plak penyebab penyakit jantung koroner. Saat arteri yang memasok darah ke jantung menjadi menyempit dan mengeras maka terjadilah penyakit jantung koroner. Akibatnya, otot jantung tak lagi memperoleh darah atau oksigen yang diperlukan. Saat jaringan kekurangan asupan, hal tersebut akan direspons dengan nama nyeri dada khas jika tersumbat total, pasien masuk dalam kondisi serangan jantung.

4. Tidak Berolahraga Secara Teratur

Punya kebiasaan makan- makanan yang mengandung kolesterol tinggi, namun malas olahraga? waduh kebiasaan tersebut tidak baik banget. Karena jika kamu tdak berolahraga secara teratur, maka timbunan lemak yang menumpuk akan membuat  jantung tersumbat, yang bisa menyebabkan seseorang bisa mengalami serangan jantung. Untuk kamu, yang punya selera makan banyak, sebaiknya giatkan untuk selalu melakukan olahraga secara teratur, agar terhindar berbagai masalah penyakit. Salah satunya sakit jantung.
5. Kegemukan/Obesitas
Punya badan berlebih juga menjadi penyebab sakit jantung koroner. Orang yang kegemukan atau obesitas lebih rentan mengembangkan plak di pembuluh darahnya. Selain itu, orang kegemukan dan obesitas juga lebih berisiko terkena sindrom metabolik atau kombinasi antara kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Beberapa faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung koroner, yaitu:
  • Usia

    Semakin bertambah usia, semakin tinggi risiko Anda mengalami kerusakan arteri.

  • Jenis kelamin

    Pria lebih mungkin untuk mengalami penyakit jantung koroner.

  • Riwayat keluarga

    Mempunyai anggota keluarga dengan penyakit jantung koroner meningkatkan risiko Anda untuk mengalami hal yang sama.

Gejala Jantung Koroner

Untuk kamu yang mengalami gejala-gejal seperti berikut ini, baiknya segera periksakan diri ke dokter ya. Bisa jadi kamu terkena jantung koroner. Berikut gejala jantung koroner yaitu:

  1. Nyeri dada. Nyeri dada. Nyeri ini biasanya menjalar ke rahang, leher, bahu, hingga punggung. Nyeri yang dirasakan mulai dari ringan hingga berat.
  2. Mual, muntah, dan keringat dingin
  3. Irama denyut jantung menjadi tak stabil, bahkan dapat menyebabkan henti jantung mendadak.

Itulah beberapa penyebab dan gejala dari jantung koroner, untuk itu kamu sekarang bisa selalu menerapkan kebiasan baik dengan cara berolahraga secara teratur, jaga makanan, dan hindari rokok ya. Untuk gejalanya apabila kamu mengalaminya segera periksakan diri ke dokter supaya kamu mendapatkan perawatan sejak dini.

 

 

Bagikan informasi tentang Apa Penyebab dan Gejala Jantung Koroner kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Penyebab dan Gejala Jantung Koroner | Green World Bismillah

Belum ada komentar untuk Apa Penyebab dan Gejala Jantung Koroner

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
OFF 13%
QUICK ORDER
ISHINE CAPSULE GREEN WORLD

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

obat insomnia ishine capsule green world Rp 235.000 Rp 270.000
Ready Stock / 0096
Rp 235.000 Rp 270.000
Ready Stock / 0096
Best Seller
OFF 13%
QUICK ORDER
BLUEBERRY EYE CARE SOFTGEL

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

green world Blueberry eye care softgel Rp 462.000 Rp 530.000
Ready Stock / 0089
Rp 462.000 Rp 530.000
Ready Stock / 0089
Best Seller
OFF 13%
QUICK ORDER
BREAST CARE CAPSULE

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

manfaat breast care capsule green world Rp 390.000 Rp 448.000
Ready Stock / 0067
Rp 390.000 Rp 448.000
Ready Stock / 0067
SIDEBAR